Senin, 18 Desember 2017

kumpulan pengertian Lifeskill

apa itu lifeskill?

apa si itu lifeskill?terdengar asing ditelinga manusia manusia yang ingin mengetahui berbagai macam kecakapan hidup / keterampilan hidup (lifeskill).disini saya akan mengumpulkan berbagai pengertian lifeskill agar lifeskill terdengar lebih hidup dan tidak terdengar asing bagi yang belum mendengarnya.


  • Dalam Kurikulum 2004, kecakapan hidup adalah ,Kecakapan yang dimiliki seseorang untuk mampu memecahkan permasalahan hidup secara wajar dan menjalani kehidupan secara bermartabat tanpa merasa tertekan, kemudian secara proaktif mencari serta menemukan solusi, sehingga akhirnya mampu mengatasinya.

  •  Kecakapan hidup (life skills) merupakan kecakapan untuk memecahkan masalah secara inovatif dengan menggunakan fakta, konsep, prinsip atau prosedur yang telah dipelajari.

  •  Menurut definisi World Health Organization (WHO), life skills atau keterampilan hidup adalah kemampuan untuk berperilaku yang adaptif dan positif yang membuat seseorang dapat menyelesaikan kebutuhan dan tantangan sehari-hari dengan efektif.
  • Life Skills adalah suatu keterampilan hidup yang membantu kita untuk sukses di beragam lingkungan dimana kita hidup seperti di sekolah, rumah, dan lingkungan sekitar  (Steven J. Danish. Life Skills Center - Virginia Commonwealth University) 

  • Brolin (1989) menjelaskan bahwa, “Life skills constitute a continuum of knowledge and aptitude that are necessary for a person to function effectively and to avoid interruptions of employment experience”. Dengan demikian life skills dapat dinyatakan sebagai kecakapan untuk hidup. Istilah hidup, tidak semata-mata memiliki kemampuan tertentu saja (vocational job), namun ia harus memiliki kemampuan dasar pendukungnya secara fungsional seperti,
    membaca, menulis, menghitung, merumuskan, dan memecahkan masalah, mengelola sumber daya, bekerja dalam tim, terus belajar di tempat kerja, mempergunakan teknologi (Satori, 2002).

Tidak ada komentar:
Write komentar